Materi coding semester 2 tahun 2025
Januari 2025
1. Selasa 21 januari
Sesi A
- mengenall akun Scratch untuk peserta baru, serta pengenalan ruang lingkup tampilan kerja Scrach
- latihan gerak kiri dan kanan dg block move
- membuat animasi dari nama masing2 siswa
Codingnya:
Sesi B
- Mengenal block stamp
- membuat gambar dg stamp dan jumlahnya menggunakan block variable, serta mengembangkan codingnya sesuai kreativitas masing-masing siswa (misal: menembahkan efek suara, warna dll)
Codingnya:
2. Selasa, 28 Januari
(libur isra' mi'raj)
Februari 2025
1. Selasa, 4 Februari
Sesi A
- Berjalan kiri-kanan mengambil barang
- mengenalkan block motion, event dan control
- membangun logika sebab akibat
Codingnya:
Coding sprite Apple
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1123896039
Sesi B
- Berjalan mengambil barang masukkan (data) dalam make a list
- mengeal block variable ---> make a list dan penggunaannya
- mengembangkan kreasi serta pemahaman blok make alist
Codingnya:
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1074801616
2. Selasa, 11 Februari
Sesi A
- Membuat cerita animasi sederhana
- mengenalkan dan menerapkan block look pada sebuah projek animasi
- belajar mengenal huruf dan membaca
Codingnya:
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1123907237/
Sesi B
- Membuat soal tes ulangan menggunakan materi make a list minggu lalu
- membuat daftar pertanyaan dan mensinkronkan dengan jawabannya
Codingnya:
Coding sprite Abby
Link pojek:
https://scratch.mit.edu/projects/980108176
3. Selasa, 18 Februari
(libur ada renang per kelas)
Sesi A:
-
Sesi B:
-
4. Selasa, 25 Februari
Sesi A
- membuat game tebak angka 1 - 6
- mempelajari prinsip acak (block pick random)
Codingnya:
https://scratch.mit.edu/projects/1123917861
Sesi B
- membuat presentasi sederhana tugas sekolah
- belajar block look --> next costume, next backdrops
Codingnya:
https://scratch.mit.edu/projects/1123927735
Maret 2025
Kosong libur selama bulan Maret (Ramadhhan)
Materi Ramadhan 1
Sesi A:
- Kepik terbang
https://scratch.mit.edu/projects/1135592715
- Mengembangkan materi kepik terbang menjadi game
Materi Ramadhan 2
Sesi A:
- animasi sederhana pixel
mengunduh pixel animation ada di sini linknya:
https://designmadeinjapan.com
Sesi B:
- animasi pixel
-- mencari file animasi gif di internet dg kata kunci pixel animation gif
-- unduh animasi gif dari internet sesuai pencarian yang kamu pilih
-- meng-upload animasi gif ke Scratch
-- memberi coding pada sprite pixel animation
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1135606260
menambahkan sprite orang berjalan dan diberi coding
Materi Ramahan 3
Sesi A:
- Membuat kartu ucapan lebaran sederhana
Sesi B:
- Membuat kartu ucapan lebaran interaktif di convert ke HTMLifier
April 2025
1. Selasa, 1 April
(libur lebaran)
2. Selasa, 8 April
Sesi A
- membuat projek semut berjalan
- mengenalkan block move, turn, dan pick random
- mengembangkan codingnya menjadi interaktif dg menambah perintah menekan tombol tertentu.
Codingnnya:
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1125835312/
Sesi B
- melanjutkan materi projek presentasi menyesuaikan tugas presentasi di sekolah (kelas masing-masing)
- membangun isi presentasi dg membuat gambar dan interaksinya
- manfaatkan tools AI untuk memudahkan mengedit gambar seperti: remove.bg
Halaman Judul
Halaman isi presentasi
Halaman penutup
3. Selasa, 15 April
Sesi A
- membuat kupu-kupu terbang
https://scratch.mit.edu/projects/1129424094/
Sesi B
- membuat projek koloni semut mencari makanan bag. 1
Codingnya:
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/983270762
4. Selasa, 22 April
Sesi A
- memperbanyak (clooning) kupu-kupu terbang
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1129409631
Sesi B
- membuat projek koloni semut mencari makanan bag. 2
5. Selasa, 29 April
(libur ujian praktik sekolah)
Sesi A:
- membuat game berburu burung
Sesi B:
- membuat game kepik mencari makan bag. 1
Mei 2025
1. Selasa, 6 Mei
libur ujian
2. Selasa, 13 Mei
Sesi A
- membuat interaksi mengobrol antar sprite
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1129429377
Sesi B
- membuat presentasi tugas sekolah, materi menyesuaikan tugas dari masing-masing kelas dan siswa
Link basik template presentasi:
3. Selasa, 20 Mei
Sesi A
- membuat projek belajar menghitung
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1161364796/
Sesi B
- membuat projek belajar menghitung
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1129939366
4. Selasa, 27 Mei
Libur asesmen
Juni 2025
1. Selasa, 3 Mei
Sesi A
- bermain musik
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1129434040
Sesi B
- membuat game memancing ikan
2. Selasa, 10 Mei
Sesi A
- membuat projek mengurung bola
mengenalkan block pensil
Codingnya:
Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1131387790
Sesi B
- Memulai mengenalkan coding micro:bit menggunakan aplikasi di link berikut ini:
https://makecode.microbit.org/
3. Selasa, 17 Mei
Sesi A
- membuat game baling2 bambu
codingnya:
Sesi B
- Coding robotik dengan micro:bit: menjalankan animasi dengan sensor kemiringan
micro:bit
4. Selasa, 24 Mei
Libur akhir tahun ajaran (kenaikan kelas)
Sampai jumpa di tahun ajaran baru 2025-2026!
Materi cadangan:
1. Membuat bola pantul:
- Level 1: https://scratch.mit.edu/projects/1161831781
- Level 2: https://scratch.mit.edu/projects/1161837189
2. Kartu lebaran:
- Level 1:
- Level 2: https://scratch.mit.edu/projects/683138235
3. Kunang-kunang:
- Level 1: https://scratch.mit.edu/projects/1161844797
- Level 2: https://scratch.mit.edu/projects/1138515968
4. Pixel animation sederhana:
- https://scratch.mit.edu/projects/1135624167/
5. Air terjun:
- Level 1: https://scratch.mit.edu/projects/1153187317
- Level 2: https://scratch.mit.edu/projects/1153187317
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)