Senin, 20 Januari 2025

Materi semester 2 - 2025

 Materi coding semester 2 tahun 2025



Januari 2025

1. Selasa 21 januari
Sesi A
- mengenall akun Scratch untuk peserta baru, serta pengenalan ruang lingkup tampilan kerja Scrach
- latihan gerak kiri dan kanan dg block move
- membuat animasi dari nama masing2 siswa

Codingnya:


Coding sprite Cat

Costume sprite Huruf berisi huruf nama masing2 siswa


Codng dari sprite Huruf


Sesi B
- Mengenal block stamp
- membuat gambar dg stamp dan jumlahnya menggunakan block variable, serta mengembangkan codingnya sesuai kreativitas masing-masing siswa (misal: menembahkan efek suara, warna dll)

Codingnya:


Coding sprite Donut


2. Selasa, 28 Januari
(libur isra' mi'raj)


Februari 2025

1. Selasa,  4 Februari
Sesi A
- Berjalan kiri-kanan mengambil barang
- mengenalkan block motion, event dan control 
- membangun logika sebab akibat

Codingnya:

Codin sprite Cat

Coding sprite Apple

Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1123896039


Sesi B
- Berjalan mengambil barang masukkan (data) dalam make a list
- mengeal block variable ---> make a list dan penggunaannya
- mengembangkan kreasi serta pemahaman blok make alist

Codingnya:


coding sprite Bear-walking


coding sprite Apple


Coding sprite bananas


Coding sprite Abby

Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1074801616


2. Selasa, 11 Februari
Sesi A
- Membuat cerita animasi sederhana
- mengenalkan dan menerapkan block look pada sebuah projek animasi
- belajar mengenal huruf dan membaca

Codingnya:


Coding sprite Cat


Codin sprite Fish


Gambarstage (backdrops

Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1123907237/


Sesi B
- Membuat soal tes ulangan menggunakan materi make a list minggu lalu
- membuat daftar pertanyaan dan mensinkronkan dengan jawabannya

Codingnya:


Coding S


Coding sprite Abby



Gamba stage brackdrops

Link pojek:
https://scratch.mit.edu/projects/980108176


3. Selasa, 18 Februari
(libur ada renang per kelas)

Sesi A:
-


Sesi B:



4. Selasa, 25 Februari
Sesi A
- membuat game tebak angka 1 - 6
- mempelajari prinsip acak (block pick random)

Codingnya:


Coding Sprite Anka


Gambar stage backdrops


Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1123917861


Sesi B
- membuat presentasi sederhana tugas sekolah
- belajar block look --> next costume, next backdrops

Codingnya:


Coding sprite Halaman


Gambar costum dari sprite Halaman yng berisi materi presentasi


Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1123927735


Maret 2025
Kosong libur selama bulan Maret (Ramadhhan)

Materi Ramadhan 1

Sesi A:
- Kepik terbang


Membuat gambar kepik terbang di costume sebanyak 2 gambar

Gambar kepik bisa diremix dari link berikut ini:
https://scratch.mit.edu/projects/1135592715

Coding  pada sprite Kepik

Sesi B:
- Mengembangkan materi kepik terbang menjadi game


Materi Ramadhan 2

Sesi A:
- animasi sederhana pixel


coding sprite pixel animation

mengunduh pixel animation ada di sini linknya:
https://designmadeinjapan.com


Sesi B:
- animasi pixel
-- mencari file animasi gif di internet dg kata kunci pixel animation gif
-- unduh animasi gif dari internet sesuai pencarian yang kamu pilih
-- meng-upload animasi gif ke Scratch
-- memberi coding pada sprite pixel animation

Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1135606260

menambahkan sprite orang berjalan dan diberi coding



Materi Ramahan 3

Sesi A:
- Membuat kartu ucapan lebaran sederhana

Sesi B:
- Membuat kartu ucapan lebaran interaktif di convert ke HTMLifier



April 2025

1. Selasa, 1 April
(libur lebaran)

2. Selasa, 8 April
Sesi A
- membuat projek semut berjalan
- mengenalkan block move, turn, dan pick random
-
mengembangkan codingnya menjadi interaktif dg menambah perintah menekan tombol tertentu.

Codingnnya:


Coding sprite semut awal


Coding sprite semut setelah dikembangkan

Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1125835312/

Sesi B
- melanjutkan materi projek presentasi menyesuaikan tugas presentasi di sekolah (kelas masing-masing)
- membangun isi presentasi dg membuat gambar dan interaksinya
- manfaatkan tools AI untuk memudahkan mengedit gambar seperti: remove.bg

Halaman Judul

Halaman isi presentasi

Halaman penutup


3. Selasa, 15 April
Sesi A
- membuat kupu-kupu terbang


Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1129424094/


Sesi B
- membuat projek koloni semut mencari makanan bag. 1

Codingnya:


Coding sprite semut


Coding sprite semut



Coding sprite semut


Coding sprite Gula


Coding sprite Home


Coding sprite Roti

Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/983270762


4. Selasa, 22 April
Sesi A
- memperbanyak (clooning) kupu-kupu terbang


Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1129409631


Sesi B
- membuat projek koloni semut mencari makanan bag. 2


5. Selasa, 29 April
(libur ujian praktik sekolah)

Sesi A:
- membuat game berburu burung


Sesi B:
- membuat game kepik mencari makan bag. 1


coding sprite kepik


coding sprite maze


coding sprite semangka


coding sprite cover


coding sprite stage


cara main


Mei 2025

1.  Selasa, 6 Mei
libur ujian



2. Selasa, 13 Mei
Sesi A
- membuat interaksi mengobrol antar sprite


Coding pada sprite Dot

Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1129429377

Sesi B
- membuat presentasi tugas sekolah, materi menyesuaikan tugas dari masing-masing kelas dan siswa

Link basik template presentasi:


3. Selasa, 20 Mei
Sesi A
- membuat projek belajar menghitung


Sprite Cat


Sprite Beetle

Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1161364796/


Sesi B
- membuat projek belajar menghitung


Coding pada sprite character


Coding pada sprite Apple


Coding pada sprite Meja


Gambar latar


Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1129939366


4Selasa, 27 Mei
Libur asesmen


Juni 2025

1.  Selasa, 3 Mei
Sesi A
- bermain musik


Sprite Drum-snare


Sprite Drum-highhat

Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1129434040


Sesi B
- membuat game memancing ikan


2. Selasa, 10 Mei
Sesi A
- membuat projek mengurung bola
mengenalkan block pensil

Codingnya:


Coding sprite Cat


Coding sprite Ball


coding sprite Ben

Link projek:
https://scratch.mit.edu/projects/1131387790


Sesi B
- Memulai mengenalkan coding micro:bit menggunakan aplikasi di link berikut ini:

https://makecode.microbit.org/


3. Selasa, 17 Mei
Sesi A
- membuat game baling2 bambu

codingnya:


Coding sprite Cat


Coding sprite Landasan


Coding sprite Laut



Sesi B
- Coding robotik dengan micro:bit: menjalankan animasi dengan sensor kemiringan


Untuk membuatnya silakan membuka link aplikasinya di sini:
micro:bit


4. Selasa, 24 Mei
Libur akhir tahun ajaran (kenaikan kelas)
Sampai jumpa di tahun ajaran baru 2025-2026!

Materi cadangan:

1. Membuat bola pantul:
- Level 1: https://scratch.mit.edu/projects/1161831781
- Level 2: https://scratch.mit.edu/projects/1161837189

2. Kartu lebaran:
- Level 1: 
- Level 2: https://scratch.mit.edu/projects/683138235

3. Kunang-kunang:
- Level 1: https://scratch.mit.edu/projects/1161844797
- Level 2: https://scratch.mit.edu/projects/1138515968

4. Pixel animation sederhana:
- https://scratch.mit.edu/projects/1135624167/

5. Air terjun:
- Level 1: https://scratch.mit.edu/projects/1153187317
- Level 2: https://scratch.mit.edu/projects/1153187317