Selasa, 11 Juli 2023

Materi

PERSIAPAN KELAS
CODING IS FUN ONLINE
MAUPUN OFFLINE

Bagi para peserta kelas coding is fun online, berikut ini langkah-langkah persiapan yang harus  dilakukan sbb:

1. Mempersiapkan komputer/laptop beserta mouse berikut dengan jaringan internetnya
2. Mengunjungi situs aplikasi Scratch
3. Lalu membuat akun (Join Scratch) di aplikasi Scratch tersebut.
Sebelum join pastikan Anda memiliki e-mail yang masih aktif, agar saat diminta konfirmasi isa dengan mudah terhubung.


Berikut tutorialnya


Untuk buku pegangan bisa di pelajari di rumah dan dipraktekan materinya.
(buku pegangan bisa diminta kepada admin sat pertama kali membayar uang kelas)

Untuk bahan pemahaman dasar codig bisa dipelajari materi-materi berikut ini:

Mengenal blok coding

1. MATERI 01 -- Blok Move, Point direction, Rotation, Forever, dan if on edge, bounce
2. MATERI 02 -- Belajar coding memahami blok turn dan go to
3. MATERI 03 -- Blok glide random dan glide x, y 
4. MATERI 04 -- Memahami blok set point direction
5. MATERI 05 -- Memahami blok set x, y dan change x, y
6. MATERI 06 -- Blok chage x dan y untuk kendali gerakan
7. MATERI 07 -- Blok say . . . second
8. MATERI 08 -- Blok swith costume dan swith backdrop
9. MATERI 09 -- Blok change size dan set size
10. MATERI 10 -- Personal website

11. MATERI 11 -- Blok Effect pada Scratch
12. MATERI 12 -- Blok go to front dan go to back
13. MATERI 13 -- Blok start sound dan play sound
14. MATERI 14 -- Blok set dan change pan left/right
15. MATERI 15 -- Blok Event
16. MATERI 16 -- Blok Loudness
17. MATERI 17 -- Blok broadcast
18. MATERI 18 -- Blok If then 
19. MATERI 19 -- Blok wit until dan penerapannya
20. MATERI 20 -- Blok create clone

21. MATERI 21 -- Blok sensing color
22. MATERI 22 -- Blok ask and wait dan penerapannya
23. MATERI 23 -- Blok Key space pressed dan Mouse down
24. MATERI 24 -- Blok mouse X, Y dan penerapannya
25. MATERI 25 -- Blok loudness dan penerapannya
26. MATERI 26 -- Blok Timer dan penerapannya
27. MATERI 27 -- Blok Backdrop of stage dan penerapannya
28. MATERI 28 -- Blok Current Month dan penerapannya
29. MATERI 29 -- Blok Days since 2000
30. MATERI 30 -- Blok Username dan penerapannya

31. MATERI 31 -- Blok Join dan penerapannya



Materi CODING IS FUN:

Kelas 1 SD:

- Mengenalkan penggunakan perangkat tablet sebagai media belajar
- Mengenalkan pemrograman lewat aplikasi Scratch Junior
    



- Dasar-dasar logika pemrograman Scratch Junior:
    -- Sebab akibat --> block event
    -- Berurutan 
    -- Berbarengan (paralel)
    -- 
- Membangun logika dasar
- Mengaplikasikan materi coding dengan projek-projek pelajaran sekolah
    -- seperti: membuat presentasi dg Scratch junior
    -- menerapkan logika pemrograman pada materi pelajaran
    -- mengembangkan kemampuan siswa melelui coding

Tutorial materi Scratch Junior:

contoh materi Scratch Junior

Kumpulan materi kelas 1 SD semester awal:
1 - Mendonwload aplikasi di perangkat tablet
2 - Membuat akun Scracth oleh guru untuk semua peserta didik
3 - Karakter berjalan --> logika kiri - kanan
4 - Materi bilangan lewat tampilan blok Scratch
5
Pemjumlahan dan pengurangan 0 - 10 dg blok coding

6 - Pemjumlahan dan pengurangan 0 - 20 dg blok coding
7 - Belajar menulis dan membaca lewat blok Scratch
8 - Belajar menulis lewat cerita sederhana masing-masing siswa
9 - Mengenalkan diri di depan kelas lewat coding Scratch
10 - Menggambar karakter atau gambar tugas sekolah

11 - Membuat interaksi sederhana
12 - Mengenal konsep pengulangan beberapa kali terbatas
13 - Mengenal konsep sebab akibat lewat block event
14 - Mengenal konsep berurutan


Kelas 2 SD:

- Mengenalkan penggunakan perangkat komputer
- Mengenalkan pemrograman lewat aplikasi Scratch
- Dasar-dasar pemrograman Scratch
- Membangun logika dasar

Kumpulan materi kelas 2 SD semester awal:
1 - Membuat akun Scratch
    -- Dibuatkan oleh guru sampai diverifikasi akunnya
    -- Membuat grup belajar di studio Scratch dengan semua peserta didik
    -- Penugasan projek bisa secara online
2 - Mengenal ruang lingkup tampilan aplikasi Scratch dg membuat pertama kali projek
3 - Pemahaman sebab akibat ---> Block event --> bendera hijau
4 - Karakter bergerak dg blok move - dan +
5 - Kendali sederhana kiri dan kanan, atas dan bawah

6 - Membuat kreasi karakter sendiri (menggambar di Scratch)
7 - Membuat cerita bersama teman sekelompok
8 - Membangun animasi/cerita sederhana dg suara dan efek musik
9 - Mengenalkan blok if then dan if then else
10 - Mengenalkan 

11 -
12
13
14
15

16 -
17 - 
18 - 
19 - 
20 - 



Mengenal 7 prinsip dasar pemrograman dalam Scratch:
- Squencing
- Looping
- Paralel
- Event
- Conditional
- Operator
- Data

Kumpulan coding Backpack
Rangkaian coding yang sering digunakan dan sebaiknya di simpan di backpack agar memudahkan saat membuat projek.

1.    Kendali 1
2.    Kendali 2
3.    Mengikuti mouse pointer
4.    Jatuh berulang kali
5.    Thumbnail/cover
6.    Peluru
7.    Costume dan dasar animasi
8.    Gerak mantul dan dikendalikan
9.    Nambah point, Game penyelam
10.    Matematika dasar

11.    Tangan robot
12.    Poligon
13.    Platform 1
14.    Efek ghost
15.    
Sensor jarak
16.    Kendali labirin
17.    Kubus dan pola gerak
18.    Mensetting waktu tercepat
19.    Mesin tik
20.    Ngebut

21.    Kecepatan dan gesekan
22.    Ikan berenang 1
23.    Ikan berenang 2
24.    
Efek paralax
25.    
Gerak scrolling paralax
26.    Sentuh dan muncul acak
27.    Efek cursor
28.    Efek asap
29.    Mengenal Difine
30.    Tombol On-Off

Projek materi:

1.     Lalat game 
2.     Pong planet game 
        Ping-pong game -- https://scratch.mit.edu/projects/868638473/
        Pong game webcam 
3.     Kejarlah aku 
4.     Game cepat saja
5.     Name animation
6.     Game apollo
7.     Aplikasi matematika penjumlahan 
8.    Terbang di atas kota
9.     Game menanah
10.   Game balap karung 

11.    Game mencocokan kata dan gambar 
12.    Game ambil bintang
13.    Aplikasi calculator
14.    Animasi efek hujan salju
15.    Berbagai efek
16.    Labirin
17.    Mengenal Sensing
18.    Mengenal sumbu X dan Y
19.    Pixel art animation
20.    Membuat website bag. 1

21.    Sensor webcam
22.    Game Melindungi Nemo
23.    Game balon Udara
24.    Makanan ikan pink
25.    Sensor suara
26.    Mengemas film animasi 
27.    Game Kepik
28.    Jatuh berulang
29.    Menggambar membuat awan
30.    Animasi Kiki's

31.    Game Beruang Aple dan Bom
32.    Mobil Barang
33.    Pemahaman variable
34.    Dragon Ice Cream
35.    Bermain matematika dasar -- https://scratch.mit.edu/projects/651201649/
36.    Kembang Api
37.    Line tracker -- https://scratch.mit.edu/projects/482100752/
38.    Ulangan harian matematika
39.    Penjumlahan dan pengurangan -- https://scratch.mit.edu/projects/480555239/
40.    Intro dan animasi -- https://scratch.mit.edu/projects/637731935/

41.    Random/acak -- https://scratch.mit.edu/projects/479397364/
42.    Menggambar mobil -- https://scratch.mit.edu/projects/628819009/
43.    Menggambar karakter -- https://scratch.mit.edu/projects/509877829/
44.    Karakter bergerak -- https://scratch.mit.edu/projects/501096114/
45.    petak umpet -- https://scratch.mit.edu/projects/634149204/
46.    Micro:bit tombol A dan B -- https://scratch.mit.edu/projects/540820264/
47.    Micro:bit tombol + led -- https://scratch.mit.edu/projects/540845481/
48.    Corona game -- https://scratch.mit.edu/projects/376782858/
49.    Create clone -- https://scratch.mit.edu/projects/500361625/

50.    Microbit: arah + labirin -- https://scratch.mit.edu/projects/540826608/
51.    Microbit: detak cinta -- https://scratch.mit.edu/projects/599414184/
52.    Memahami variable -- https://scratch.mit.edu/projects/615183505/
53.    Labirin 1 -- https://scratch.mit.edu/projects/2773681/
54.    Sensing ganti backdrop -- https://scratch.mit.edu/projects/569657233/
55.    Swith costume -- https://scratch.mit.edu/projects/549183015/
56.    Kendali mobil -- https://scratch.mit.edu/projects/648431314/
57.    Mencari Burung -- https://scratch.mit.edu/projects/706612019/
58.    Mancing ikan di laut -- https://scratch.mit.edu/projects/711948938/
59.    Matching food -- https://scratch.mit.edu/projects/708998773/
60.    Kendali mobil -- https://scratch.mit.edu/projects/648431314/

61.    Kereta Api (animasi) -- https://scratch.mit.edu/projects/723338258/
63.    Illustrasi karakter -- https://scratch.mit.edu/projects/763103123/
64.    Army of cats -- https://scratch.mit.edu/projects/762568256/
65.    Efek hujan -- https://scratch.mit.edu/projects/725932476/
66.    Pengembala -- https://scratch.mit.edu/projects/755582796/
67.    Soal pertanyaan matematika -- https://scratch.mit.edu/projects/755017091/
68.    Matematika pengurangan -- https://scratch.mit.edu/projects/780865048/
69.    Berhitung -- https://scratch.mit.edu/projects/780876583/
70.    Game pertemanan 

71.    Toko-pakaian
72.    Platform buku interaktif -- 
https://scratch.mit.edu/projects/881544409/
73.    Beruang Terbang
74.    Animasi horor (paralax) 
75.    Labirin Mobil
76.    Gerak Bumi -- 
https://scratch.mit.edu/projects/885158168
77.    Aplikasi soal ujian
78.    Aplikasi absensi kelas
79.    Make a list
80.    Sensor waktu

81.    Basic cloning
82.    Input Data
83.    


Khusus pelatihan coding is fun untuk guru

Tujuan:
- Guru memiliki ketrerampilan IT untuk mengajar
- Mampu membuat materi dengan baik dan manarik
- Mampu membuat coding untuk materi pengajaran
- Menjadikan guru kreatif dan bersemangat

Materi pelatihan:
- mengenalkan dasar pemrograman melelui aplikasi Scratch
- membuat akun pertama kali
- membuat studio untuk kumpulan materi mengajar
- membuat studio sebagai sarana absensi siswa

- mengenalkan blog dan manfaatnya sebagai pengajar
- membuat blog pertama kali
- memulai mengisi pertama kalainya
- membuat catatan materi mengajar
- menembahkan foto
- menambahkan video
- menambahkan video yutube
- membuat link 

Manfaat membuat blog untuk guru:
- Sebagai media penyimpan materi mengajar dengan lengkap
- Sebagai media komunikasi dengan sekolah, antar guru, dan orangtua
- Sebagai laporan proses belajar mengajar
- Sebagai raport online siswa
- Sebagai media tempat menyerahkan tugas-tugas sekolah
- Sebagai pengganti buku cetak