Liputan CNN Indonesia tentang kelas Coding is fun tahun 2021
Tujuan Coding is fun
- Siswa mampu berpikir logis dalam pemecahan masalah
- Siswa siap mengadapi kemajuan dunia IT
- Siswa mampu membuat projek pemecahan masalah lewat coding
- Membantu proses belajar mengajar di sekolah
Target ekskul Coding is fun
- Mempermudah pemahaman materi pelajaran di sekolah lewat coding
- Mampu membuat projek secara perorangan atau kelompok
- Mengikuti lomba minimal setahun 2 kali
Program coding is fun ekskul di sekolah
- Pembelajaran coding is fun berbasik projek sesuai materi di sekolah
- Pameran projek karya siswa coding is fun
- Mengikuti ajang lomba coding
I. Pengenalan dan konsep dasar
Pengenalan Scratch dan fiturnya
Pengenalan blok-blok dasar
Memahami konsep dasar pemrograman
II. Tujuh Prinsip dasar pemrograman
Sequence
Looping
Paralel
Event
Conditional
Operator
Data
III. Belajar berbasis projek
Menggunakan konsep prinsip dasar pemrograman untuk membuat proyek sederhana seperti game, animasi, dan presentasi dll
IV. Integrasi dengan Micro:bit dan Arduino
Pengenalan dan integrasi dengan Micro:bit dan Arduino
Membangun proyek robotik menggunakan Micro:bit dan Arduino
V. Proyek akhir
Membuat proyek akhir menggunakan semua konsep yang telah dipelajari sesuai kemampuan siswa
Kurikulum di diadaptasi dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan usia peserta. Memberikan kesempatan pada peserta untuk mengembangkan proyek-proyek kreatif mereka sendiri untuk memperkuat keterampilan pemrograman dan kreativitas.
Belajar berbasis projek yang sangat fun bagi anak-anak
Aplikasi dan materi pendukung:
- Makecode, simulator praktik coding + microcontroller
- Micro:bit, kelas pembelajaran microcontroller + coding robotik
- Tinkercad, simulator praktik coding + microcontroller
- Netsblox, aplikasi pembelajaran coding pengembangan dari Scratch
- Drone Block atau Droneblocks-App, aplikasi pembelajaran coding drone
- DJI Robo Master S1, pembelajaran coding perangkat robot tempur DJI Robo Master S1
- AppInventor
- Htmlifier
- Pixilart.com
- Turbowarp packager
- Arduino
• Dasar elektronika
Pengenalan materi seputar resistor dan lampu LED
• Dasar mekanika
Mengenal dasar mekanika sederhana untuk mendukung praktik pembuatan robot
• Seni Rupa dan kreativitas
Membuat desain karakter dan properti gambar pendukung projek
• Projek perorangan
Berkreasi membuat projek perseorangan sesuai dengan minat dan kemampuan siswa, lewat ajang lomba- lomba Internasional maupun nasional. Yang didalamnya diasah kemampuan presentasi.
• Pameran karya siswa
Mempersiapkan pameran karya siswa lewat akun Scratch masing-masing siswa
• Membangun website pribadi sederhana
Membuat blogspot pribadi sebagai media dokumentasi materi dan pembelajaran. Dilatih membuat catatan tutorial dan langkah-langkah secara terinci, lengkap dan jelas sekaligus sebagai media pengumpulan tugas-tugas dalam pembelajaran.
• Mengikuti ajang lomba coding
Melatih dan belajar mempersiapkan diri mengikuti ajang lomba-lomba coding
Prestasi siswa Coding is fun
Arya Pradita Mahardika (kelas 5 SDI Arrasyid)
Juara 3 lomba coding internasional 2023 yang diadakan oleh IKCC.info
Juara 3 lomba coding internasional 2023 yang diadakan oleh IKCC.info
Arya Pradita Mahardika (saat kelas 4 SDI Arrasyid)
Juara lomba robotik Robot For Mission (R4M) tahun 2020
Siswa iswi Coding is fun (Kinanthi, Ayman, Akhtar dan Hikam) meraih juara 3 dikejuaraan R4M, Jakarta. Januari 2020
Festival Seni Rupa Anak Indonesia di Galeri Nasional Jakarta 2019
Dan masih beberapa lagi penghargaan yg diperoleh siswa coding is fun dalam ajang lomba coding bisa dilihat klik di sini

.png)


