Kamis, 07 Agustus 2025

Materi coding micro:bit

Kumpulan materi coding micro:bit Sesi B

Sesi B (kelas 3, 4, 5, dan 6) dimana sudah mengikuti ekskul coding selama 2 semester.
Sebelumnya di Sesi A harus mengikuti dasar-dasar coding Scratch terlebih dahulu, minimal 2 semester agar mempunyai dasar pemrograman dan bisa mengikuti dengan lancar.

1. Mengenal micro:bit

- Mengenalkan micro:bit secara fisik dan fungsinya
- Kelengkapan micro:bit: kabel data, batere, micro:bit versi 2
- Mengenalkan membuat projek pertama kali

a. Membuat name tage nama masing-masing siswa/i
b. Membuat animasi sederhana (titik berjalan, detak jantung, dll), mengenalkan konsep animasi pada coding micro:bit memanfaatkan 25 titik lampu LED

Materi projek:
Alat yang diperlukan: micro:bit, kabel data, batere A3 2 buah, tali, karton, lem, gunting

Link tutorial:
https://www.youtube.com/watch?v=tOgVbOG5QAo


2. Projek tombol micro:bit

a. Membuat tombol A terssenyum, tombol B sedih
b. Membuat kreasi masing-masing siswa sesuai kreativitasnya

Materi projek:



3. Pengukur suhu ruangan
a. Membuat pengukur suhu ruangan dan mencatatnya.
b. Praktek medata suhu di beberapa tempat berbeda dan belajar menganalisanya. 

Materi projek:



4. Robot kipas angin cerdas

a. Membuat robot kipas angin pintar, yaitu membuat kipas angin berputar ketika suhu ruangan telah mencapai batas yang ditentukan misalnya 34 derajat Celcius kipas akan menyala.
b. Membuat mesin penghangat ruangan (mesin penetas telur), lampu pemanas akan menyala ketika suhu ruangan telah mencapai dibawah 16 derajat Celcius.

Materi projek:


Menggunakan kit praktek EduBit


5. Mesin komunikasi

a. Membuat perintah ke kiri atau ke kanan
b. Belajar memanfaatkan fitur gelombang radio pada micro:bit untuk dibuat projek mesin komunikasi dengan kode (morse, dll secara kreatif)
c. Mempraktekkannya pada permainan mencari jejak dg panduan komunikasi micro:bit

Materi projek:



6. Robot penghitung langkah kaki

a. Belajar mengenal sensor (inputan) pada micro:bit
b. Belajar menentukan/memilih sensor yang tepat 
c. Mempraktekkannya secara berkelompok.

Materi projek:



6. Love meter

a. Belajar mengenal pin pada papan micro:bit
b. Memahami dan berkreasi dg blok pick random
c. Mempraktekkannya secara berkelompok.

Materi projek:




7. Projek lampu sein sepeda

a. Memanfaatkan sensor kemiringan pd micro:bit
b. Berkreasi dengan animasi LED
c. Merakit projek sein sepeda di helm

Materi projek:



8. Tepuk on-off lampu

a. Memanfaatkan sensor suara pada micro:bit versi 2
b. Berkreasi dengan LED atau dikembangkan ke pin (pilih 0, 1, 2, 3)
c. Merakit projek perangkat cerdas lainnya pengembangan sensor suara

Materi projek: